123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

Peringatan HUT ke-77 RI di Undana Meriah dengan Pakaian Adat dan Tarian Tradisional

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Universitas Nusa Cendana (Undana) kali ini berlangsung sangat meriah. Seluruh peserta, terutama tenaga kependidikan dan tenaga pendidik di lingkungan Undana hadir mengenakan pakaian adat tradisional dari berbagai daerah di NTT bahkan Indonesia. Sementara, ribuan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 juga hadir mengenakan pakaian hitam-putih dilengkapi selempang. Tampak, pembina upacara sekaligus Rektor Undana, Dr.drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc mengenakan pakaian adat lengkap etnis Timor, khususnya Kabupaten Timor Tengah Selatan di lengkapi sejumlah aksesoris.

Begitu pun dengan para-Wakil Rektor, yakni Wakil Rektor (WR) Bidang Akademik, Dr. drh. Annytha Detha, M.Si, WR Bidang Umum dan Keuangan, Ir. Jalaludin, M.Si, WR Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, dan WR Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistim Informasi, Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng, yang mengenakan sejumlah pakaian adat tradisional dari berbagai daerah.

Suasana saat pengibaran bendera pada upacara memperingati HUT ke-77 RI di Lapangan Bola Undana, Rabu (17/8/2022). Para pengibar bendera berasal dari Resimen Mahasiswa Mahadana Undana.

Pantauah Humas Undana, kemeriahan tersebut menjadi lengkap ketika sejumlah tarian daerah berhasil disuguhkan usai pengibaran bendera, diantaranya tarian Caci yang ditunjukkan sejumlah pemuda asal Manggarai, dan juga tarian seni oleh sejumlah mahasiswa program Adik Papua. Rektor Universitas Slamet Riyadi, Prof. Dr. Ir. Sutardi MAPP, SC yang hadir pada saat itu turut diundang bersama Rektor Undana, memeragakan pukulan cambuk dalam tarian Caci. Tak ketinggalan, jajaran pimpinan tingkat Rektorat, Fakultas, PPs, Lembaga hingga Unit di lingkungan Undana juga ikut memeragakan tarian sesuai lantunan lagu-lagu daerah asal NTT. Ini menambah kemeriahan perayaan HUT ke-77 RI di lingkungan Undana yang dilangsungkan di Lapangan Bola Undana, Rabu (17/8/2022) pagi.  Tampak hadir sejumlah pimpinan Fakultas, Program Pascasarjana, Lembaga, Biro, Unit, Dharma Wanita Persatuan, Organisasi Mahasiswa (Ormawa), Menwa, Pramuka dan PS. Belacantare Undana.

Rektor Undana, Dr.drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc ketika membacakan sambutan Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim menyebut, peringatan HUT ke-77 RI tahun 2022 dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Semangat tersebut saat ini sedang dibuktikan bersama melalui presidensi G20 tahun 2022, dengan peran besar Kemebdikbudristek dalam menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan system Pendidikan.

Peserta upacara peringatan HUT ke-77 RI di lingkungan Undana mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah asal NTT.

“Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar. Kita telah memberikan bukti bahwa upaya untuk memperluas akses terhadap pendidikan yang berkualitas dapat dilakukan melalui terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah dan berbagai program dukungan beasiswa,” ungkap Rektor mengutip sambutan Kemendikbudristek.

“Kita juga telah meyakinkan dunia bahwa generasi muda Indonesia sudah terlatih dengan dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat, yang bekalnya diperoleh sejak di bangku kuliah melalui berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam Kampus Merdeka,” sambung Rektor Undana.

Begitu juga pada sektor kebudayaan, Kemendikbudristek dalam forum G20 mendorong negara-negara di dunia untuk menghadirkan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya agar dapat kembali menginspirasi dengan karya-karya terbaiknya, khususnya di masa pascapandemi. Inisiatif ini adalah kelanjutan dari terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia yang kami luncurkan dan telah memberikan banyak manfaat bagi para penggerak budaya kita.

Rektor Undana, Dr. Maxs memeragakan tarian Caci dengan mengarahkan cambuk kepada salah satu penari. Aksi ini disaksikan seluruh peserta peserta yang hadir mengikuti HUT ke-77 RI.

“Hal-hal yajng saya sebutkan tadi barulah sebagian kecil dari terobosan Merdeka Belajar yang sekarang sudah mencapai 21 episode. Masih banyak lagi episode Merdeka Belajar yang akan kami luncurkan, sampai semua anak di seluruh Indonesia merasakan kemerdekaan yang sebenarnya, yaitu belajar dengan bahagia, berkayrya tanpa hambatan, berlari menuju masa dengan dengan penuh keberanian sebagai Pelajar Pancasila,” ujar Rektor.

“Selamat memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Khususnya bagi para pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di seluruh tanah air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia merdeka, mewujudkan Merdeka Belajar,” pungkas Rektor Undana mengakhiri sambutan tertulis Kemendikbudristek.

Untuk diketahui, di sela-sela upacara tersebut,  sebaykak 10 orang tenaga kependidikan dan tenaga pendidik di lingkungan Undana yang mendapat penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia. Penyematan tanda kehormatan dilakukan Rektor Undana.

Rektor Undana, mengalungkan selempang kepada mahasiswa asing program Pertukaran Mahasiswa Internasional asal Universitas Hamburg, Jasper Jens Totschnig di sela-sela upacara memperingati HUT ke-77 RI.

Penerimaan Mahasiswa MBKM Secara Adat

Rektor Dr. Maxs di sela-sela upacara juga menerima secara resmi perwakilan mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Merdeka Belajar, Kampus Merdeka. Penerimaan mahasiswa PMM dilakukan secara adat oleh Rektor Undana kepada 6 (enam) mahasiswa dari Universitas Slamet Riyadi (Unsiri), Surakarta. Perawakilan mahasiswa Unsiri yang menerima pengalungan selempang tradisonal asal NTT dari Rektor Undana adalah Nathanael Timur Praba Mahardika, dan mahasiswa asing program Pertukaran Mahasiswa Internasional asal Universitas Hamburg, Jasper Jens Totschnig juga ikut dikalungkan selempang sekaligus mendapat ucapan selamat dari Rektor Undana.

Selain para mahasiswa PPM dan mahasiswa asing, Rektor juga menerima mahasiswa baru yang ditandai dengan penyematan jas alamanter kepada perwakilan mahasiswa asal Fakultas Kesehatan Masyarakat Tallen Soleman Makandolu. Selain itu, dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-60 Undana, Rektor juga melakukan Kick Off Futsal sebagai salah satu sImbol atau tanda dimulainya seluruh perlombaan dan pertandingan yang akan dilaksanakan hingga puncak perayaan dan hari jadi Undana pada 1 September mendatang. (rfl)

Copy Paste dari Website https://undana.ac.id/peringatan-hut-ke-77-ri-di-undana-meriah-dengan-pakaian-adat-dan-tarian-tradisional/

Check this out:

Tim Humas, Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Humas,

Contact Person (CP): 0813 4331 7070

Kunjungi Media Sosial Undana

YouTube: Official Universitas Nusa Cendana: https://www.youtube.com/channel/UCtB1iZTSBH9etwVDCeeD2yw

Facebook: Universitas Nusa Cendana: https://web.facebook.com/nusacendana1962

Instagram: universitas.nusa.cendana https://www.instagram.com/universitas.nusa.cendana/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »